WOW... !!! Apa itu ISIS ???

APA itu ISIS ???


Banyak yang bertanya demikian karena organisasi bernama ini belakangan banyak mengemparkan masyarakat. Lantas, apa sebenarnya ISIS itu? Dan bagaimana awal mula ISIS.

Intinya, ISIS merupakan organisasi yang menggunakan berbagai cara untuk mendirikan negara baru di negara wilayah yang kita yang kenal sebagai Irak dan Suriah. Jika ditarik mundur, ISIS dulunya merupakan organisasi Alqaeda Irak yang kemudian menganti namanya menjadi ISIS.


Awal mulanya Alqaeda sendiri hanya merupakan sekelompok pasukan kecil yang didirikan oleh Osama Bin Laden untuk melindungi Afganistan dari serangan Uni Soviet. Alqaeda sendiri pada awalnya di danai oleh kerajaan Saudi Arabia dan Amerika Serikat. Lalu setelah misinya melindungi Afganistan telah berhasil, Alqaeda tetap hidup dan dapat terus berjalan. Ironisnya, Alqaeda ini kemudian menyatakan perang kepada teman lamanya sendiri yaitu Amerika Serikat.


Singkat kata, meski Amerika Serikat sukses menyerang Afganistan tapi Alqaeda telah lebih dulu menyebarkan pengaruhnya ke negara-negara lain, termasuk Suriah dan Irak. Kemdian saat Amerika Serikat menyerang Irak dalam rangka menjatuhkan pemerintahan Saddam Husain, Alqaeda Irak yang merupakan cikal bakal dari ISIS ini, ikut bertempur melawan tentara Amerika Serikat. Meskipun pada akhirnya mereka kalah dan kemudian memutuskan untuk menyeberang ke negara tetangga yaitu Suriah. 


Kemudian di Suriah, Alqaeda Irak tidak bisa berkembang baik dengan Alqaeda Suriah, hingga akhirnya Alqaeda Irak mengganti nama menjadi ISIS. Dan semenjak itu berniat mendirikan negara baru di Suriah dan Irak sesegera mungkin. 


Lalu pendeknya pada tahun 2011 lalu ketika Suriah mengalami perang saudara, ISIS dengan lihainya bergabung dengan kelompok militan Suriah melawan pemerintahan Marshall Al Ashar. Meski akhirnya ISIS berpaling arah dan malah membuat Suriah makin carut marut. Meskipun demikian, ISIS tidak pernah lupa dengan asal muasalnya. ISIS yang dibantu oleh kelompok Suni Irak berhasil menguasai wilayah utara Irak dan berhasil menguasai persenjataan militer canggih dan banyak sumber tambang minyak. Yang menjadi alasan mengapa ISIS hingga saat ini sulit untuk dikalahkan. Intinya ISIS ingin dengan sesegera mungkin mendirikan negara baru di Suriah dan Irak, dan melawan siapa saja ingin menghalanginya.


Tapi setidaknya di Indonesia jangan lah takut, karena jika bersama kita dapat menjadi lebih kuat dari apa yang ISIS bayangkan.  

Itu saja sedikit penjelasan tetang adanya ISIS, terima kasih !!!

Bagikan

Jangan lewatkan

WOW... !!! Apa itu ISIS ???
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.